Iklan

 
Wednesday, September 6, 2017

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Ajaran 2017/2018

0 comments

Dengan diterbitkannya Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018 oleh Pemerintah (dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta BSNP Kemdikbud), maka dipastikan bahwa Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2017/2018 akan tetap dilaksanakan pada tahun 2018. Selain UN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga meningkatkan mutu ujian sekolah (US) dengan konsep ujian sekolah berstandar nasional (USBN), seperti sudah pernah diterapkan pada tahun ajaran 2016/2017.

Perbedaan Ujian Nasional (UN) dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) antara lain terletak pada proses pembuatan soal. Kalau soal-soal untuk UN akan dibuat oleh pusat (Kemendikbud) berdasarkan kisi-kisi yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Sedangkan untuk USBN, soal-soalnya dibuat oleh guru-guru sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai organisasi profesi. Soal-soal pada USBN akan dibuat dengan perpaduan antara soal yang dibuat guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

Baiklah, berikut ini kami sampaikan dulu Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Ajaran 2017/2018, yang bisa diunduh oleh para pelajar dan guru-guru di sekolah pada panduan download berikut ini :


Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2017/2018


  1. Surat Pengantar dari BSNP tentang kisi-kisi Usbn dan Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini) ;
  2. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);
  3. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);
  4. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);
  5. Kisi-Kisi Ujian Nasional SMPLB dan SMALB Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);
  6. Kisi-Kisi Ujian Nasional Program Paket B dan Paket C Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini).

Pada UN 2018 nanti (seperti halnya sudah dirintis pada tahun ajaran 2016/2017) untuk tingkat SMA, hanya ada empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan. Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mapel dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerapkan enam mata pelajaran (mapel) yang diujikan pada UN tingkat SMA, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tiga mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, ditambah mapel Fisika, Kimia, dan Biologi. Selanjutnya untuk jurusan IPS, ditambah mapel Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa, ditambah mapel Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing. Dan untuk jurusan Keagamaan (Islam) adalah Fikih, Tafsir Al-Qur'an, dan Hadits.


Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Ajaran 2017/2018


  1. Kisi-Kisi USBN untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);
  2. Kisi-Kisi USBN untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);
  3. Kisi-Kisi USBN untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Ajaran 2017/2018 (download disini);


Untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), ketiga mapel yang ada dalam tiap jurusan (IPA/IPS/Bahasa) di atas tetap akan menjadi mapel yang diujikan. Ada enam mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga mapel berdasarkan jurusan, USBN juga akan menguji siswa untuk mapel Pendidikan Agama, PPKN, dan Sejarah.

Sedangkan untuk mapel Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMP pada tahun 2018 tidak berbeda dengan tahun ajaran 2016/2017. Ujian Nasional (UN) tingkat SMP akan mengujikan mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.

Begitu juga untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMK pada tahun 2018 juga akan tetap mengujikan empat mapel, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer.


Sumber:
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
- BSNP Kemdikbud

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2017 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends