Iklan

 
Monday, November 24, 2014

Materi Kisi-kisi Ujian Nasional Paket B dan C 2015

0 comments

Pelaksanaan Ujian Nasional Paket B dan C tahun 2015, tseperti biasa akan dibagi 2 (dua) periode. Atau dengan kata lain da jadwal Ujian nasional (UN) Utama yang jadwalnya berbarengan dengan sekolah formal / yang biasa, dan ada jadwal susulan beberapa bulan sesudahnya dengan tujuan untuk memberi kesempatan peserta kelompok Belajar Paket B dan C yang tidak mengikuti Ujian nasional (UN) Utama.

Agar para siswa Paket B dan C tahun 2015 mendapatkan hasil yang baik dalam ujiannya, maka haruslah rajin belajar dan berlatih. Berikut kami jabarkan sebagian kisi-kisi ujian nasional tahun pelajaran 2014/2015 yang penting.



Kisi-kisi Ujian Nasional Paket B dan C Tahun Ajaran 2014/2015




Kisi-kisi UN Paket B



Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat Paket B mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, dan IPS. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program Paket B / Wustha setara SMP/MTs.


  1. Konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
  2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
  3. Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
    Menentukan gradien, persamaan garis atau grafiknya.
  4. Memahami konsep teori peluang dan statistika serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rata-rata.



Kisi-kisi UN Paket C



Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat Paket C Jurusan IPA mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Fisika, Kimia, dan Biologi. Untuk Jurusan IPS mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Sedangkan untuk Paket C Kejuruan hanya mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program Paket C setara SMA/MA dan Paket C Kejuruan setara SMK/MAK.


  1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, mampu menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
  2. Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linier, program linier, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan, dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
  3. Memahami sifat bangun geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis dan bidang, jarak dan sudut.
  4. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
  5. Memahami konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan Menghitung nilai limit fungsi aljabar atau
    fungsi trigonometri trigonometri serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
  6. Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.


Demikian kami sampaikan penjelasan Kisi-kisi UN 2014/2015 untuk tingkat pendidikan Paket B dan C dengan memberi contoh pelajaran Matematika untuk Paket B dan Paket C jurusan IPA, untuk pelajaran yang lainnya bisa di unduh disini


Semoga Kisi-kisi UN 2014/2015 untuk tingkat pendidikan Paket B dan C dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga tercapailah keberhasilan pendidikan yang baik seperti yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan di negara kita tercinta, Republik Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!



Sumber:

- Kemdikbud

- Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) No. 0027/P/BSNP/IX/2014

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends