Iklan

 
Monday, May 19, 2014

Hasil Kelulusan UN SMA/MA dan SMK/MAK Tahun Pelajaran 2013/2014

2 comments

Puji dan Syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Pemerintah telah menyampaikan hasil kelulusan ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA dan SMK/MAK pada hari ini tanggal 19 Mei 2014. Adapun pengumuman kelulusan untuk siswa/siswi tetap dijadwalkan besok, Selasa tanggal 20 Mei 2014 tanpa ada perubahan jadwal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hari ini, Senin (19/05/2014), telah memberikan penjelasan tentang hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMK/MAK 2014. Konferensi pers mengenai hasil UN SMA/MA dan SMK/MAK tahun 2014 telah berlangsung di Gedung Ki Hajar Dewantara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pukul 11.00 WIB s.d. selesai.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, bahwa tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA/MA tahun 2014 mencapai 99,52 persen. Dari total peserta UN SMA/MA yang berjumlah 1.632.757 siswa, sebanyak 7.811 (0,48 persen) dinyatakan tidak lulus UN.

Demikian seperti dijelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh saat menggelar jumpa pers mengenai hasil UN SMA/SMK tahun pelajaran 2014 di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, (19/05/2014). Mendikbud juga menjelaskan tingkat kelulusan untuk jenjang SMK/MAK, yaitu sebesar 99,90 persen. Dari 1.171.907 peserta UN SMK/MAK, ada 1.159 siswa yang tidak lulus.

Kelulusan peserta didik SMA/MA dan SMK/MAK ditetapkan berdasarkan perolehan nilai akhir (NA). Nilai akhir merupakan gabungan dari 60 persen nilai UN dan 40 persen nilai ujian sekolah/madrasah. Peserta didik SMA/SMK/MA/MAK dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata NA paling rendah 5,5 dan nilai mata pelajaran paling rendah 4,0.

Dari keseluruhan nilai nasional, terdapat 16.497 sekolah (89,40 persen) dengan tingkat kelulusan 100 persen. Sementara itu tidak ada sekolah dengan tingkat kelulusan 0 persen.

Mohon diperhatikan : Hasil Kelulusan yang ditampilkan di website ini bersifat general (umum). Untuk mengakses hasil kelulusan siswa bisa menghubungi sekolah masing-masing. Atau tergantung cara yang ditempuh oleh oleh pihak sekolah (satuan pendidikan), apakah di umumkan via website, e-mail, dikirim via pos, dengan mengundang orang tua siswa ke sekolah, via Sms, dan media lainnya). Terima kasih!!


Berikut kami sampaikan para peraih nilai tinggi tingkat nasional untuk tingkat SMA/MA :


Jurusan IPA


  1. Ryan Aditya Moniaga dengan nilai UN 58,05 | Asal Sekolah : SMA Kanisius, DKI Jakarta
  2. Annisa Azalia Herwandani dengan nilai un 57,65 | Asal Sekolah : dari SMAN 2 Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
  3. Hashina Zulfa dengan nilai UN 57,65 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Sulistia Fitriaty dengan nilai UN 57.45 | Asal Sekolah : dari SMAN 39 Jakarta, DKI Jakarta
  5. Fenita Adina Santoso dengan nilai un 57,35 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Pekalongan, Jawa Tengah
  6. Felix Utama dengan nilai UN 57,30 | Asal Sekolah : dari SMA Kristen 1 BPK Penabur, DKI Jakarta
  7. A A Istri Citra Larasati dengan nilai UN 57,25 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Denpasar, Bali
  8. Alief Moulana dengan nilai UN 57,20 | Asal Sekolah : dari SMA Pribadi, Kota Bandung, Jawa Barat
  9. Fitra Febrina dengan nilai UN 57,20 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Medan, Sumatra Utara | Asal Sekolah :
  10. Ranisa Larasati, nilai UN 57,05 | Asal Sekolah : dari SMAN 2 Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat



Jurusan IPS

  1. Nur Afifah Widyaningrum dengan nilai UN 55,85 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Rikko Sajjad Nuir dengan nilai UN 55,70 | Asal Sekolah : dari SMAN 8 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  3. Afdhal Nur Muhammad Daulay dengan nilai UN 55,50 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Matauli Pandan, Sumatra Utara
  4. Fauzan Alfiansyah Hasibuan dengan nilai UN 55,40 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Matauli Pandan, Sumatra Utara
  5. Clara Feliciani Sesiawan dengan nilai UN 55,35 | Asal Sekolah : dari SMA Santa Ursula BSD, Banten
  6. Utami Ratnasari dengan nilai UN 55,25 | Asal Sekolah : dari SMAN 4 Denpasar, Bali
  7. Aprillia Dwi Harjanti dengan nilai UN 55,05 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Kudus, Jawa Tengah
  8. Dinda Dea Pramaputri dengan nilai UN 54,.95 | Asal Sekolah : dari SMAN 70 Jakarta, DKI Jakarta
  9. Margaretha Silia Kurnia Herin dengan nilai UN 54,95 | Asal Sekolah : dari SMAN 1 Depok, Jawa Barat
  10. Naruti Afifah dengan nilai UN 54,95 | Asal Sekolah : dari SMAN 3 Surakarta, Jawa Tengah

Dalam paparannya tentang hasil UN 2014 di Kemdikbud, Senin (19/5/2014), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memaparkan, SMAN 1 Yogyakarta menempatkan tiga siswanya dalam 10 besar perolehan hasil UN tertinggi tahun ini di kedua jurusan tersebut. Sedangkan siswa SMAN 4 Denpasar, yang tahun lalu menjadi pemegang rekor nilai UN SMA tertinggi, tetap masuk dalam 10 besar nasional UN 2014 di kelompok ujian IPS. Terkait dugaan kecurangan yang terjadi selama penyelenggaraan UN, Mendikbud mengatakan hal tersebut sulit dibuktikan melihat hasil analisis perolehan nilai UN yang nilai rata-rata setiap mata pelajarannya mencapai nilai 5 ke atas. "Agak susah diterima dengan logika yang simpel kalau ada kecurangan yang masif rata-rata bisa 5 koma. Kami tetap berdasarkan realita analisis," tuturnya. Suatu pesan moral yang patut dipatuhi yang ditujukan pada siswa-siswi yang telah berhasil lulus ujian, agar mengekspresikan kegembiraannya dengan cara yang tidak berlebihan. Terutama untuk seragam sekolah, dihimbau agar tidak dicoret-coret. Bersyukur harus namun tidak boleh yang membangkitkan kemubaziran. Kalau sudah berhasil, bajunya dilepas dan diberikan kepada adik-adiknya yang lain, itu lebih bermanfaat. Untuk siswa yang belum berhasil akan diberi dua kesempatan. Pertama, bisa mengikuti ujian nasional Paket C dan atau ujian nasional Paket C kejuruan yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang, atau bisa mengulang ujian nasional tahun depan. Para siswa tidak perlu berputus asa, ini bagian dari perjalanan hidup. Persiapkan diri saja untuk ujian paket C. Ketidaklulusan peserta UN SMA/MA dan SMK/MAK disebabkan oleh dua hal : Pertama, rata-rata nilai di bawah 5,5, dan atau Kedua, salah satu mata pelajaran atau lebih bernilai di bawah 4. Rumus penilaian juga tidak berubah, nilai akhir merupakan gabungan 60 persen UN murni ditambah 40 persen nilai sekolah/madrasah. Syaratnya sama, nilai akhir rata-rata 5,5, dan tidak boleh ada nilai masing-masing mata pelajarannyanya di bawah 4. Jadi meskipun ada dapat 8 tapi ada juga dapat 3, tetap tidak lulus ujian nasional (UN). Sumber: Kemdikbud

Related Articles:

2 Responses so far.

  1. Nilainya bisa dilihat dimana? Soalnya hanya pengumuman lulus saja yg ada saat ini disekolah

  2. Wah terimakasih banyak informasinya. Mohon do'a nya semoga saya lulus, amin. Oya, selamat atas pencapaian kawan-kawan yang berhasil memperoleh nilai UN yang tinggi. Semoga pencapaian tersebut bisa menjadi motivasi untuk keberhasilan selanjutnya. Dan untuk kawan-kawan yang belum berhasil - bukan gagal -, saya harap tidak berputus asa. Ingat selalu ada kesempatan. Ambilah pelajaran dari kebelum berhasilan saat ini untuk kesuksesan yang akan kalian raih dimasa yang akan datang. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersabar dan berikhtiar. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung, amin.

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends