Iklan

 
Monday, May 19, 2014

Cara Pengumuman Ujian Nasional SMA/SMK Tahun 2014

0 comments

Untuk mempublikasikan hasil kelulusan ujian nasional kepada siswa, seperti UN SMA/SMK Tahun 2014 dapat ditempuh berbagai cara atau media. Cara atau media yang ditempuh bisa beragam, seperti pengumuman kelulusan di sekolah (satuan pendidikan), melalui ponsel (sms), dengan e-mail, melalui jasa pos, pertemuan mengundang orang tua, atau juga bisa via website sekolah atau dinas pendidikan di daerah tertentu.

Yang terpenting bahwa apapun cara yang ditempuh oleh pihak sekolah, tetap harus merujuk kepada Prosedur Operasi Standar (POS) UN SMA/SMK yang telah ditetapkan. Dalam POS diantaranya memuat ketentuan-ketentuan seperti :

Bahwa Pengumuman Kelulusan SMA/MA, SMK/MAK, Program Paket C dan Program Paket C Kejuruan dilaksanakan di satuan pendidikan, dan penanggung jawabnya adalah Pelaksana UN Satuan Pendidikan (20 Mei 2014)

Bahwa Pengumuman kelulusan SMP/MTs, Program Paket B/Wustha, SMPLB dan SMALB dilaksanakan di satuan pendidikan, dan penanggung jawabnya adalah Pelaksana UN Satuan Pendidikan (14 Juni 2014).


Berikut kami sampaikan contoh-contoh cara penyampaian Pengumuman Ujian Nasional SMA/SMK yang ditempuh sekolah :

Pengumuman Kelulusan via Website



  1. Dinas Pendidikan Kota Padang Sumatera Barat menyatakan kemungkinan pemberitahuan kelulusan Ujian Nasional 2014 bagi pelajar di daerah setempat kembali melalui website. |
  2. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY | menggunakan website untuk beberapa sekolah
  3. Kota Yogyakarta | pengumuman kelulusan akan dilakukan dengan menggunakan website masing-masing sekolah maupun dengan mengirimkan pemberitahuan kelulusan melalui e-mail (surel) ke seluruh siswa.


Pengumuman Kelulusan dengan Cara SMS


  1. Selain melalui website, Dinas Pendidikan Kota Padang Sumatera Barat juga menyatakan kemungkinan pemberitahuan kelulusan Ujian Nasional 2014 bagi pelajar di daerah setempat kembali melalui pesan singkat (SMS). |


Pengumuman Kelulusan dengan Menggunakan Pos


  1. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung mengumumkan kelulusan UN melalui surat yang dikirimkan melalui pos |
  2. Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah |
  3. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY | selain menggunakan website juga hasil UN diantar ke rumah siswa sebagai langkah antisipasi terhadap kejadian yang tak diinginkan.
  4. Kabupaten Bandung |


Pengumuman Kelulusan dengan Cara pertemuan mengundang orang tua


  1. Dinas Pendidikan Kota Semarang, menerapkan Cara pertemuan mengundang orang tua disamping cara website sekolah dan via pos
  2. Kabupaten Bandung | selain dengan jasa pos juga untuk beberapa sekolah diumumkan di sekolahnya dengan cara mengundang orang tua siswa


Kesimpulannya, apa pun cara atau media kelulusan yang dipakai untuk Pengumuman Ujian Nasional 2014 harus berpatokan pada peraturan POS UN sebagai berikut :

Sekolah/madrasah/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat/Sanggar Kegiatan Belajar mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat:
1). tanggal 20 Mei 2014 untuk SMA/MA, SMK/MAK, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan; dan
2). tanggal 14 Juni 2014 untuk SMP/MTs, SMPLB, SMALB, dan Paket B/Wustha.


Semoga bermanfaat, Amin Yaa Allah Yaa Rabbal Alamin!

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends