Iklan

 
Thursday, June 6, 2013

Rekap Hasil Kelulusan UN SD di Yogyakarta

0 comments

Pengumuman Hasil Kelulusan UN SD/MI di Yogyakarta telah disampaikan tanggal 1 Juni 2013. Pengumuman kelulusan UN SD/MI dan SMP/MTs di Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan secara serentak pada Sabtu, 1 Juni pukul 10.00 WIB.

Rekapan sementara dari hasil kelulusan tercatat, rata-rata total nilai akhir jenjang SD/MI, Kota Yogyakarta masih meraih nilai terbaik di DIY yaitu dengan rata-rata 23,62, Kabupaten Bantul 23,50, Kabupaten Kulon Progo 23,40, Kabupaten Sleman 23,28, dan Kabupaten Gunung Kidul 22,53. Sedangkan rata-rata nilai total di DIY adalah sekitar 23,26.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji di Yogyakarta, peringkat 5 hingga 17 nilai UN terbaik di DIY berasal dari SD Negeri Panjatan dengan nilai yang sama yaitu 29,6. Sedang nilai UN terbaik di DIY diraih siswa dari Bantul dengan nilai 29,80.

Di Kota Yogyakarta, rata-rata nilai ujian nasional tertinggi ada di mata pelajaran Bahasa Indonesia 8,43 dan terendah ada di mata pelajaran Matematika 7,39; sedang untuk mata pelajaran IPA 7,62.

Rata-rata hasil ujian nasional per mata pelajaran di Kota Yogyakarta tersebut juga lebih tinggi dibanding rata-rata tingkat provinsi, yaitu Bahasa Indonesia 8,15, Matematika 7,00 dan IPA 7,48.

Sementara itu, nilai tertinggi di tingkat Provinsi DIY adalah 10,00 di tiap mata pelajaran. Sedang nilai terendah untuk masing-masing mata pelajaran adalah 3,2 untuk Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA 3,25.

Di Provinsi DIY, ada 946 siswa yang meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran matematika, sedang untuk Bahasa Indonesia dan IPA masing-masing 46 dan 24 siswa.

Jumlah total siswa yang mengikuti ujian nasional tingkat SD di Provinsi DIY adalah 50.211 yang tersebar di 1.989 sekolah.

Di Provinsi DIY, juga terdapat dua siswa yang meraih nilai tertinggi yaitu Dentista Admirasari dari SD Negeri Nogopuro Sleman, dan Kharisma Nahda Salsabila dari SD Muhammadiyah Pakem.

Kedua siswa tersebut meraih nilai sama yaitu 29,8 dengan sebaran yang sama, yaitu Bahasa Indonesia 9,8 sedang Matematika dan IPA 10,00.

Pengumuman kelulusan di tingkat Sekolah Dasar tersebut akan dilakukan secara serentak di lima kota/kabupaten di Provinsi DIY pada Sabtu (9/6) pukul 10.00 WIB dengan mekanisme pengumuman diserahkan ke masing-masing sekolah.

Pengumuman kelulusan tersebut, lanjut Baskara memang dipercepat dari rencana semula pada Sabtu, 16 Juni karena seluruh sekolah sudah menyatakan siap.

"Untuk berapa persen tingkat kelulusan, kami belum bisa menyampaikannya karena penentu kelulusan siswa ada di masing-masing sekolah," katanya.

Sebagai info, persentasi angka kelulusan Kejar Paket C di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai 85 persen yaitu dari 147 peserta hanya 21 yang dinyatakan tidak lulus. Sedangkan untuk ujian Paket A dan B belum ditentukan kapan pengumumannya.

Direkap : Team PengumumanUn.com


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends