Iklan

 
Thursday, June 6, 2013

Pengumuman Hasil Kelulusan UN SD 2013

0 comments

Pada tahun ajaran 2011/2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menargetkan siswa Sekolah Dasar (SD) dapat lulus Ujian Nasional (UN) sampai 100 persen. Wakl Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim meyakini hasil ujian nasional tingkat Sekolah Dasar tahun 2012 sangat memuaskan. Tingkat kelulusan diperkirakan mencapai 99 persen.

Salah satu dasarnya adalah komposisi soal ujian nasional SD/MI sederajat dibuat 25 persen dari pemerintah pusat dan 75 persen dari pemerintah daerah. Soal ujian yang dibuat daerah itu juga telah disesuaikan dengan capaian pendidikan dan kondisi di daerah masing-masing. Karenanya angka kelulusan pada tingkat SD pasti juga akan lebih tinggi dari pada tingkat SMP dan SMA.

Terkait pelaksanaan UN SD tahun 2013, Mendikbud Mohammad Nuh optimis relatif lebih lancar dibandingkan dua jenjang sebelumnya. Penyelenggaraan UN di berbagai daerah pun lebih lancar. Sebagai contoh untuk Bandung Jawa Barat. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Oji Mahroji, dengan persiapan yang lebih matang dan belajar dari kejadian pelaksanaan sebelumnya, UN hari pertama untuk tingkat SD/ MI berjalan lancar, ini karena persiapan lebih baik dari sebelumnya.

Adapun Jadwal Pengumuman Kelulusan UN SD/MI sederajat sesuai POS UN paling lambat adalah tanggal 8 Juni 2013. Dengan dasar seperti ini tidak perlu diherankan bahwa beberapa daerah sudah mengumumkan hasil kelulusan lebih awal dari daerah lainnya. Ambil contoh Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY), yang sudah dimumkan serentak Sabtu 1 Juni pagi. Hasil rata-rata UN SD/MI Kota Yogyakarta masih meraih nilai terbaik di DIY. Kadin Disdikpora DIY, Baskara Adi menyebutkan perolehan nilai rata-rata UN SD Kota Yogyakarta dengan hasil 23,62, disusul Kabupaten Bantul dengan hasil 23,50, kemudian Kabupaten Kulon Progo 23,40, disusul Kabupaten Sleman 23, 28 dan terakhir Kabupaten Gunungkidul dengan perolehan rata-rata 22,26.

Di Kaltim pun secara umum hasil UN sudah bisa dipublikasikan. Prestasinya termasuk sangat bagus, sekitar 409 Siswa SD/MI peserta Ujian Nasional 2013 di Kalimantan Timur mendapat nilai tertinggi atau 10. Mereka berhasil menjadi yang terbaik, dari total jumlah peserta UN di 14 kabupaten dan kota di provinsi yang berjumlah 71.372 siswa.

Namun walaupun demikian mengenai kepastian berapa siswa yang lulus, di Kaltim baru pada 9 Juni 2013 masing-masing satuan pendidikan di kabupaten dan kota akan mengumumkannya.


Berikut kami sampaikan jadwal resmi pengumuman UN SD/MI sederajat :

No.Kegiatan Penanggung JawabTanggal
1 Pengiriman hasil UN SD/MI, SDLB oleh penyelenggara UN Tingkat Provinsi ke Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota -- paling lambat tanggal 3 Juni 2013
2 Pengumuman kelulusan peserta didik SD/MI, SDLB dan Paket A -- paling lambat tanggal 8 Juni 2013


Berkenaan hasil kelulusan UN SD/MI yang umumnya akan digelar tangal 8 Juni, kami berpesan pada para siswa yang tidak lulus, agar jangan sampai frustasi karena semuanya belum berakhir di sini, masih ada kesempatan untuk lulus dan melanjutkan pendidikan dengan mengikuti ujian Kejar paket A setara SD/MI. Para siswa yang tidak lulus, harus tetap bersemangat, percaya diri dan memiliki motivasi besar untuk melanjutkan studi hingga tamat, sehingga nantinya setelah dewasa memperoleh pekerjaan yang layak sesuai tingkat pendidikan.

Sebaliknya bagi yang berhasil lulus, agar tidak sampai terlena dengan bersikap sombong dan melakukan tindakan yang melanggar nilai-nilai sosial, tetapi justru harus bersyukur atas rahmat Allah telah berhasil lulus dan harus lebih rajin melakukan amal sosial. Kalangan guru dan orang tua murid sangat berperan dalam membentuk karakter anak atau siswa, karena itu perlu terus dibina dan diingatkan agar anak-anak atau siswa tetap percaya diri dan tidak melakukan tindakan anarkis saat pengumuman kelulusan.

Semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- Permendikbud No. 3 TAHUN 2013 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Kesetaraan dan Ujian Nasional.
- Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. : 0021/P/BSNP/I/2013


Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends