Iklan

 
Thursday, May 23, 2013

Pengumuman Kelulusan UN Paket C 2013

0 comments

UN Paket C merupakan singkatan dari ujian nasional paket/UNPP program kesetaraan C yakni pendidikan non formal yang setara dengan SMA/MA dan Kejuruan. UN Paket C digelar untuk membantu masyarakat yang tidak dapat menyelesaikan sekolahnya karena sesuatu hal. Atau siswa sekolah formal yang tidak lulus UN SMA sederajat yang formal juga dapat menjadi peserta ujian nasional Paket C.

Menurut Kemdikbud setiap orang yang lulus UNPK Paket A, B atau C memiliki hak eligibilitas yang sama dan setara dengan pemegang ijasah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Dengan demikian, mereka akan lebih diakui dalam pendidikan selanjutnya.



Tegasnya status kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas atau hak memperoleh hasil dan kesempatan belajar yang sama atau setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Karena itu, setiap lembaga diminta untuk mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas.

Hal itu, agar tidak diindikasikan melanggar hak azasi manusia. Karena setiap warga negara berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak, sehingga semuanya bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dan bekerja.

Terkait kelulusan peserta didik dari UN Paket C 2013, hal tersebut ditentukan berdasarkan NA. NA atau Nilai Akhir pendidikan kesetaraan diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai Rata-rata Laporan Hasil Belajar (NRLHB) pada satuan pendidikan Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan Nilai UN Pendidikan Kesetaraan, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk NRLHB dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan 60% (enam puluh persen) untuk nilai UN Pendidikan Kesetaraan.

Peserta UN Pendidikan Kesetaraan dinyatakan lulus apabila memiliki rata-rata Nilai Akhir (NA) dari seluruh mata pelajaran yang diujikan mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima), dan NA setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Peserta yang pindah jalur dari pendidikan formal ke pendidikan Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan, NRLHB diambil dari Nilai Sekolah (NS).

Sedangkan mengenai kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan.

Peserta ujian nasional (UN) Paket C sebaiknya juga optimis seperti lulusan sekolah formal. Sebab legal, seperti tercantum dalam Pasal 26 ayat 6 Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, jelas disebutkan bahwa hasil pendidikan non formal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Dengan demikian mendiskriminasikan peserta Ujian Nasional Kesetaraan jelas merupakan sebuah pelanggaran hak asasi manusia.

Bahkan untuk meneruskan kuliah ke perguruan tinggi pun semakin terbuka. Sebagai contoh panitia Sbmptn membolehkan lulusan Paket C untuk mengikuti Seleksi SBMPTN pada tanggal 18-19 Juni 2013.

Demikian informasi Pengumuman Kelulusan UN Paket C 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


- Permendikbud No. 3 TAHUN 2013 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Kesetaraan dan Ujian Nasional.
- Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. : 0020/P/BSNP/I/2013

Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends