Iklan

 
Thursday, May 23, 2013

Pengumuman Kelulusan UN Dengan E-mail

2 comments

Cara penyampaian Pengumuman Kelulusan UN via E-mail menjadi salah satu langkah yang ditempuh oleh satuan pendidikan, disamping media website, surat pos, dan lainnya.

Kebijakan pengumuman dengan e-mail ditempuh diantaranya oleh Dinas Pendidikan Padang. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Padang, Indang Dewata pihaknya akan mengumumkan hasil ujian nasional (UN) yang diikuti 13.135 siswa SMA, SMK, dan MA melalui website sekolah dan pesan singkat (SMS) pada Sabtu (25/5). Ini mengantisipasi perayaan kelulusan diwarnai coret-coret baju hingga konvoi berken­daraan ugal-ugalan.

Cara seperti itu akan dilakukan juga di DKI Jakarta. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto pengumuman UN akan diselenggarakan melalui website, dengan e-mail, dan pesan singkat atau SMS.

Bagi siswa siswi SMA, SMK, MA, juga Paket C di daerah yang kelulusan UN-nya dengan surat dan belum mempunyai e-mail, pastikan anda memilikinya. Anda bisa mendaftar di berbagai layanan e-mail gratis. Contoh layanan e-mail atau surat elektronik (surel) gratis adalah Gmail (gmail.com), Yahoo (mail.yahoo.com), dan lain-lain.

Sedangkan cara pembuatan e-mail yang sederhana diantaranya :

1. Langkah pertama, silahkan kunjungi layanan e-mail gratis.

2. Klik pada tombol yang ada tulisan “Buat Akun”

3. Selanjutnya, akan muncul halaman baru untuk registrasi email.

Disana ada beberapa form yang harus diisi, silahkan isi form tersebut sesuai dengan data yang anda miliki. Data-data yang harus anda entry biasanya (standar) :

- Nama ===> Isi dengan nama anda ( Nama Depan & Nama Belakang ). Jika nama anda hanya memiliki nama depan saja ( satu kata ), isikan saja kata – kata penambah pada bagian nama belakang anda. Seperti ganteng, centil, cakep, atau apa aja.

- Pilih Nama Pengguna atau ID ===> Pada bagian ini, anda harus mengisinya dengan alamat email yang anda kehendaki. Untuk pengisiannya terserah mau di ambil dari nama anda, atau apa saja yang bisa dan mudah di ingat. Pada pengisian bagian ini, hanya boleh menggunakan huruf kecil, tanda titik ( . ), underscore ( _ ), dan angka saja. Selain itu, tidak boleh ada spasi. Dan yang pasti, selalu cek bagian ini sebelum mengisi form lain, karena bisa jadi ID E-mail yang anda pilih sudah digunakan oleh orang lain. Biasanya ketika anda memasukan isian di kolom Pilih ID E-mail, suka muncul ID E-mail yang disarankan oleh E-mail sendiri. Nah supaya lebih mudah ikuti saja dan pilih salah satu ID E-mail yang di sarankan tersebut.

- Pilih Kata Sandi ===> Isi dengan kata sandi ( password ) yang nantinya akan digunakan sebagai kata kunci jika ingin login ke dalam email.

- Konfirmasi Kata Sandi ===> Isi kembali sesuai dengan isian sebelumnya (di ulang).

- Tanggal lahir ===> Isi dengan Tanggal Bulan dan Tahun lahir anda. TT = Tanggal ( Pengisian 2 angka, misal tanggal 1 jadi 01 ), THTH = Tahun ( 4 angka tahun ).

- Gender ===> Pilih salah satu.

- Ponsel ==> isi dengan nomor ponsel anda ( kolom pertama biarkan, kolom kedua yang diisi tanpa angka 0 di depan. Contoh 089662476214 isikan saja 89662476214 ).

- Email Alternatif (email yang anda miliki)

- Lokasi ==> Pilih Indonesia

4. Setelah semua form diisi, selanjutnya klik langkah berikutnya

5. Maka akan muncul sebuah halaman baru. Di halaman ini, anda bisa menambahkan foto profile. Namun kita lewati saja dulu itu, langsung klik aja langkah berikutnya

6. Kemudian di halaman berikutnya, klik lanjutkan ke akun e-mail.

Sebagai panduan, sarana E-mail dibutuhkan sebagai media pengumuman UN di beberapa daerah seperti DKI Jakarta dan daerah lainnya. Seperti di DKI Jakarta digunakan 2 media, situs, e-mail, dan juga sms. Apabila di sekolah anda pengumuman UN diselenggarakan di sekolah, atau melalui situs sekolah dan sms. Maka dimungkinkan pengumuman di sekolah peserta ujian tidak menggunakan e-mail, namun dicukupkan dengan media yang digunakan sekolah. Semoga sukses ujian nasional!

Demikian informasi Pengumuman Kelulusan UN Dengan E-mail, semoga bermanfaat! Amin!



Related Articles:

2 Responses so far.

  1. lalu dikirim kemana emailnya?

  2. Admin says:

    Maaf dik agak telat menjawab. E-mail dibutuhkan sebagai media pengumuman UN di beberapa daerah seperti DKI Jakarta dan daerah lainnya. Seperti di DKI Jakarta digunakan media yaitu situs, e-mail, dan juga sms. Apabila di sekolah adik pengumuman UN diselenggarakan di sekolah, atau via situs sekolah dan sms. Maka dimungkinkan pengumuman di sekolah adik tidak menggunakan e-mail. Trims! Semoga lulus ujian nasional!

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends