Iklan

 
Tuesday, May 21, 2013

Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional 2013

0 comments

Keraguan beberapa pihak yang menganggap Pengumuman Kelulusan UN 2013 diundur ditepis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA. Beliau menegaskan bahwa Pengumuman UN masih on schedule. Terutama terkait karena adanya keterlambatan dalam pengepakan naskah soal UN, penyelenggaraan UN SMA sederajat di 11 provinsi digeser waktunya, Mendikbud mengatakan bahwa Pengumuman UN SMA tetap sesuai jadwal.

Pihak Kemdikbud mempertimbangkan tidak mengundurkan jadwal pengumunan kelulusan UN SMA sederajat karena harus menyesuaikan dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Berarti Jadwal pengumuman UN tidak berubah sesuai Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. : 0020/P/BSNP/I/2013 dan No. 0020/P/BSNP/I/2013 tentang POS Ujian nasional. Di dalam peraturan tersebut dicantumkan bahwa pengumuman UN SMA/MA/SMK sederajat tanggal 24 Mei, pengumuman UN SMP/MTs sederajat tangal 1 Juni 2013, dan pengumuman UN SD/MI sederajat akan dipublikasikan paling telat tanggal 8 Juni 2013.



Sementara itu Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang memiliki memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan ujian nasional menyatakan bahwa pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan yang sederajat tahun pelajaran 2012/2013 dinyatakan sah.

Hal tersebut disampaikan Ketua BSNP Prof.Dr. M. Aman Wiirakartakusuma, M.Sc, dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Jakarta, pada hari Senin 29 April 2013. Ketua BSNP menyatakan bahwa prosedur operasi standar (POS) UN 2012/2013 disusun BSNP untuk pelaksanaan UN dalam situasi dan kondisi normal.

Pada saat terjadi situasi yang tidak diinginkan, yang dalam hal ini dipicu ketidakmampuan salah satu percetakan menyelesaikan pekerjaannya, maka berdasarkan Pasal 3 Peraturan BSNP Nomor 0020/P/BSNP/I/2013 tentang POS UN SMP Sederajat dan SMA Sederajat Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan memperhatikan hak siswa dalam mengikuti UN, dan adanya variasi soal antar zona, serta adanya 20 variasi soal dalam setiap ruang, BSNP setelah berkoordinasi dengan Pemerintah (Kemdikbud), membuat keputusan untuk menetapkan langkah-langkah yang belum diatur dalam POS UN sebagai berikut:

1. Penggeseran jadwal pelaksanaan UN SMA sederajat Tahun Pelajaran 2012/2013 di 11 provinsi;
2. Penggandaan naskah soal UN dengan fotokopi yang dikoordinasikan perguruan tinggi dan disaksikan oleh dinas pendidikan dan kepolisian.


Dengan demikian berarti kita tidak perlu khawatir pengunduran jadwal UN, terutama bagi lulusan SMA sederajat yang sangat perlu memiliki kelulusan UN untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau dalam rangka mencari pekerjaan. Perlu juga dipahami bahwa untuk Siswa peserta UN SMA/MA/SMK, SMALB, SMP/MTS, SMPLB, Paket kesetaraan C bahwa siswa dinyatakan lulus ujian nasional (UN) 2013 apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M. Nilai S/M adalah Nilai Sekolah/Madrasah/ yang berupa nilai gabungan antara nilai ujian S/M/PK dan rata-rata nilai Rapor atau rata-rata Nilai Derajat Kompetensi (NDK).
Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA. Nilai Akhir atau NA adalah nilai gabungan antara Nilai S/M dari setiap mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan Nilai UN.

Sedangkan kelulusan peserta UN SD, MI, dan SDLB ditentukan berdasarkan NA. NA diperoleh dari nilai rata-rata gabungan nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan nilai UN dengan formula 60% nilai UN dan 40% nilai S/M. Sedangkan Kriteria kelulusan UN SD/MI, dan SDLB ditetapkan melalui rapat dewan guru berdasarkan:

a. nilai minimal setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan;
b. nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujinasionalkan.


Sementara itu terkait keinginan beberapa pihak untuk menghapus Ujian Nasional (UN) ditanggapi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) bahwa UN merupakan standar kelulusan siswa. Sehingga beliau meminta agar beberapa pihak untuk tidak gegabah meminta UN dibatalkan karena kirsuh kekurangan lembar jawaban di 11 provinsi. Karena kekurangan yag terjadi merupakan musibah yang tak terduga.

Lepas dari wacana mengenai ketidaklancaran UN 2013, sebenarnya ada prestasi tersendiri dalam pelaksanaan ujian nasional tahun ini. Berdasarkan data di Posko Ujian Nasional (UN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pengaduan masyarakat mengenai kebocoran soal dan kecurangan yang terjadi saat UN menurun drastis. Hal tersebut terlihat dari data di Posko UN Kemdikbud. Tahun ini Kemdikbud membuka tiga posko UN, yaitu Posko Pusat Informasi dan Humas (PIH), Posko Inspektorat Jenderal, dan Posko Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Kemdikbud.

Kepala Pusat Informasi dan Humas, Prof. Dr. Ibnu Hamad, M.Si., mengatakan berkurangnya pengaduan tentang kebocoran soal dan kecurangan pada UN tahun ini karena diterapkannya kombinasi soal yang beragam, yaitu 20 paket soal. Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud, Prof. Dr. Khairil Anwar Notodiputro, M.S. , laporan pengaduan yang masuk ke Posko UN di Puspendik Balitbang juga menurun. Jika pada tahun lalu, posko ini menerima 977 pengaduan, tahun ini turun menjadi 931. Kepala Balitbang Kemdikbud juga menjelaskan, pengaduan kecurangan turun dari 258 pada tahun lalu menjadi 13 tahun ini. Menurutnya penurunan sekitar 200 kali lipat, sedangkan yang naik adalah laporan kekurangan naskah dari 4 menjadi 60 laporan.

Demikian informasi Pengumuman Kelulusan UN 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Para penyusun:
- Drs. Asep R, SH
- Ir. Asep Dedi S


Sumber:
- Permendikbud No. 3 TAHUN 2013 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Kesetaraan dan Ujian Nasional.
- Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. : 0020/P/BSNP/I/2013 dan No. 0020/P/BSNP/I/2013
- Kemdikbud
- Media lainnya yang tidak kami sebutkan satu persatu

Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends