Iklan

 
Wednesday, May 29, 2013

Pengumuman Hasil Kelulusan UN SMP 2013

2 comments

Jadwal Pengumuman UN SMP/MTs sederajat tahun pelajaran 2012/2013, tidak mengalami perubahan. Berdasar pada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. : 0020/P/BSNP/I/2013 pengumuman kelulusan peserta UN SMP/MTs/SMPLB, dan Paket B pada tanggal 1 Juni 2013.

Penyelenggaraan ujian nasional SMP yang dimulai hari Senin 22 April s.d. 25 April 2013, secara umum lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan UN SMA sederajat yang dgelar seminggu sebelumnya. Meskipun demikian, di sejumlah daerah masih ditemukan kelambatan distribusi soal, bahkan penundaan UN. Namun di Kalimantan Timur yang sempat terkendala distribusi soal di tingkat SMA, dilaporkan tak bermasalah. Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, penyelenggaraan ujian nasional (UN) di Kalimantan Timur tidak ada lagi masalah.

Menurutnya UN tingkat SMP yang digelar serentak mulai Senin 22 April. Dikatakan tidak ada masalah dalam pengiriman soal dari Jakarta dan pendistribusiannya ke daerah-daerah. Sabtu sore tanggal 20 April semua sudah diterima. Hari Minggu sudah sampai di kantor Dinas Pendidikan setempat, dan Senin dini hari sudah diambil kepala-kepala sekolah.

Di Sumatera Utara, yang pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA-nya terlambat seminggu, sukses dilaksanakan secara bersamaan dan relatif lancar. Sebagian besar soal terdistribusi dengan baik ke sekolah-sekolah.

Di Merauke, Provinsi Papua, distribusi soal juga berjalan lancar sehingga UN SMP bisa diselenggarakan serentak mulai Senin kemarin. ”Kami belum menerima laporan serius menyangkut kekurangan soal,” kata Ketua Panitia Ujian Nasional Provinsi Papua Leonard Benaino di Jayapura.

Setelah ujian SMP/MTs dilaksanakan maka panitia melaksanakan serangkaian kegiatan mulai dari pemindaian hasil UN 2013 s.d. pengumuman hasil ujian nasional. Berikut ini kami sampaikan ilustrasinya:



Jadwal Pengumuman UN SMP/MTs 2013



No.Kegiatan Penanggung JawabTanggal
1 Pengumuman kelulusan SMP/MTs, SMPLB dan Paket B/Wustha Penyelenggara UN Satuan Pendidikan 1 Juni 2013
2 Pengisian dan distribusi SKHUN SMP/MTs dan SMPLB oleh Dinas Pendidikan Provinsi Dinas Pendidikan Provinsi 1-14 Juni 2013

Menurut Prosedur Operasi Standar UN SMP, bahwa pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan SMP/MTs, SMPLB, SMALB, dan Paket B/Wustha paling lambat tanggal 1 Juni 2013. Kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab Sekolah/madrasah/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar.

Perlu juga kami sampaikan terkait kriteria kelulusan sebagai pedoman bagi siswa dan guru, karena bagaimana pun kriteria kelulusan adalah persyaratan pencapaian minimal untuk dinyatakan lulus. Dijelaskan dalam POS UN SMP sederajat bahwa kelulusan UN SMP sederajat tahun pelajaran 2012/2013 ditentukan berdasarkan NA. NA atau nilai akhir adalah nilai gabungan antara Nilai S/M/PK dari setiap mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan Nilai UN.

Sementara kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagai berikut :

a. siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. siswa memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
c. lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d. lulus Ujian Nasional.

Siswa SMP/MTs sederajat dinyatakan lulus UN jika nilai rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajarannya 4,0. Itu yang harus dipenuhi.

Pengertian nilai akhir sendiri, merupakan kombinasi dari nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan bobot 40 persen dan nilai UN dengan bobot 60 persen. Sementara nilai sekolah diperoleh dari gabungan 40 persen nilai rapor dan 60 persen nilai Ujian Sekolah.

Hal ini benar ditegaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, bahwa autran tersebut berlaku untuk semua jenjang baik SD, SMP dan SMA. Kalau SMK ada nilai kompetensi keahlian kejuruan denga kriteria kelulusan minimal 6,0.

Demikian informasi Pengumuman Kelulusan UN SMP 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber:
- Permendikbud No. 3 TAHUN 2013 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Kesetaraan dan Ujian Nasional.
- Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. : 0020/P/BSNP/I/2013
Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved

Related Articles:

2 Responses so far.

  1. lihat online nya di website apa ya kak??

  2. Admin says:

    Kalau adik Vicky di daerah Jakarta bisa dilihat di simdik.info, lihat caranya di http://www.pengumumanun.com/2013/05/pengumuman-un-smp-2013-online-dki.html semoga sukses! :)

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends