Iklan

 
Friday, May 24, 2013

Pendaftar Sbmptn Harus Lulus UN

0 comments

Peraturan Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN yang bernama Sbmptn menerapkan persyaratan harus lulus ujian nasional (UN) bagi para pendaftarnya. Seperti halnya Snmptn 2013 juga menjadikan kelulusan UN sebagai persyaratan penerimaan kelulusan Snmptn. Apabila panitia Snmptn hanya mempersyaratkan lulus UN dalam penerimaan, maka panitia Sbmptn mempersyaratkan dalam Pendaftaran dan Penerimaan.

Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau Sbmptn yang dikelola oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik. Dalam ketentuan umum Sbmptn 2013 dipersyaratkan bahwa siswa pendaftar Sbmptn harus lulus ujian nasional(UN) dan Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013.

Disamping itu bagi lulusan tahun 2011 dan 2012 harus memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Sedangkan untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

Dalam penerimaan kelulusan Sbmptn pun disyaratkan selain peserta harus lulus SBMPTN 2013 juga mereka harus lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima. Persyaratan terkait kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa.

Sebagai info bahwa pendaftaran Sbmptn 2013 telah dimulai sejak 13 Mei dan akan berlangsung hingga 7 Juni 2013. Sedangkan jadwal ujian Sbmptn adalah 2 hari dari tanggal 18 hingga 19 Juni 2013 dengan mengunakan pola ujian tertulis yang menyajikan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi yang tersebar di 62 PTN di Indonesia.

Demikian info Pendaftaran Sbmptn 2013 terkait kelulusan UN SMA sederajat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Oleh : Asep R


Copyright © 2013 pengumumanun.com all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends