Iklan

 
Wednesday, May 29, 2013

Pelaksanaan UN SMP 2013 di DKI Berjalan Lancar

0 comments

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs sederajat termasuk Paket B tahun ajaran 2012/ 2013 di wilayah DKI Jakarta berjalan lancar, tanpa kendala yang berarti.

Ujian Nasional SMP diikuti sebanyak 131.881 siswa yang terdiri atas 115.822 siswa SMP, 15.968 siswa MTs, dan 91 siswa SMPLB mengikuti ujian nasional (UN) SMP, berlangsung mulai Senin 22 April s.d. Kamis 25 April 2013.

Mereka berasal dari 1.057 SMP, 235 MTs, dan 19 SMPLB yang tersebar di Jakarta. Sedangkan untuk peserta Paket B tercatat ada 3.339 siswa yang akan mengikuti UN.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto sama seperti dokumen UN tingkat SMA tahun ini, soal dicetak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk DKI Jakarta naskah soal UN dicetak oleh PT Temprina Media Grafika yang berlokasi di Surabaya.

Dokumen UN untuk Jakarta Pusat disimpan di SMP Negeri 1 Cikini. Untuk Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu disimpan di SMP Negeri 30 Koja. Naskah UN untuk Jakarta Timur disimpan di SMP Negeri 255 Durensawit. Naskah UN Jakarta Selatan disimpan di SMP Negeri 19 Kebayoran Lama, dan Jakarta Barat disimpan di SMP Negeri 45 Cengkareng. Dokumen UN tersebut disimpan dengan penjagaan ketat pihak kepolisian dan pengawas independen.

Mengenai pelaksanaan ujian di wilayah administasi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, mendapat kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh beserta Menko Kesra Agung Laksono yang melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat di beberapa sekolah di Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa 23 April 2013. Sidak ini dilakukan akibat adanya masalah pendistribusian soal pada hari pertama UN.

Usai sidak, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan tidak ada masalah pendistribusian soal di hari kedua ini. Ia yakin pelaksanaan UN hari kedua ini lebih baik dari hari pertama yang berlangsung 22 April.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kota Administrasi Jakarta Utara. Inspeksi mendadak (sidak) persiapan pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama di wilayah Jakarta Utara. Beliau berharap ujian nasional untuk SMP dapat dilaksanakan dengan lancar. Ia mendoakan semoga para siswa bisa mengerjakan soal-soal UN dengan baik.

Mendikbud meminta pelaksanaan ujian nasional SMP itu dapat dikawal dengan ketat dan baik agar tidak ada siswa yang melakukan tindak kecurangan selama mengerjakan ujian.

Dalam sidak itu, Mendikbud memimpin doa untuk memulai hari pertama pelaksanaan UN tersebut. Beliau juga sempat bercengkrama dengan beberapa siswa SMP Negeri 30 Jakarta yang sedang menunggu waktu dimulainya ujian.

Selain itu, Mendikbud juga menekankan pentingnya kejujuran dan kepercayaan diri kepada para siswa dalam mengerjakan soal ujian.

Sementara itu pelaksanaan UN SMP sederajat di Kota Administrasi Jakarta Timur menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Jakarta Timur, Nasrudin terdapat 10 rayon, yakni rayon 33 hingga rayon 42. Sebanyak 42.865 siswa di Jakarta Timur mengikuti UN. Ada 2.512 ruang kelas di seluruh SD di Jakarta Timur yang digunakan.

Jakarta Timur selalu berada di peringkat ke dua setelah Jakarta Selatan untuk hasil UN SMP. Di tingkat SD, Jakarta Timur selalu menduduki posisi pertama untuk hasil UN se-DKI Jakarta.

Selain di daerah-daerah yang kami sebutkan tadi, penyelenggaraan ujian nasional tahun 2013 dilaksanakan juga di Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Secara umum kegiatan ujian yang digelar di DKI Jakarta berjalan dengan lancar atau tanpa kendala yang berarti.

Sebagai info, Pengumuman Ujian Nasional SMP/MTs dalam jadwal nasional adalah paling lambat tanggal 1 Juni 2013, termasuk untuk wilayah DKI.

Demikian info pelaksanaan ujian nasional SMP/MTs tahun 2013 di DKI Jakarta. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber : Kemdikbud


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends