Iklan

 
Friday, May 31, 2013

Nilai UN 2013 Tertinggi Diraih SMPN 1 Magelang - Berkat Guru Profesional

0 comments

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengumumkan 10 sekolah menengah pertama (SMP) yang berhasil meraih rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) murni tertinggi pada tahun ajaran 2012-2013. Ranking pertama nasional berhasil ditempati SMP Negeri 1 Magelang, Jawa Tengah. SMP Negeri 1 Magelang yang terletak di Jalan Pahlawan 66 Magelang membawahi sekolah lain diantaranya SMP Negeri 115 Jakarta Selatan, SMP LabSchool Kebayoran Jakarta Selatan, dan SMPN 1 Lamongan, Jawa Timur.

Sementara itu di Jateng, Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Magelang berhasil menduduki peringkat teratas secara nasional. Satuan pendidikan tersebut berdasarkan nilai UN berhasil mencapai rata 9,14.

Adapun, selain satuan pendidikannya terdapat tiga siswa dari Jateng yang duduk diposisi sepuluh besar pada UN tahun ini. Di antaranya, Setiati Nur Chasanah dari SMP Negeri 1 Kota Magelang (peringkat 8), Maratus Solichah dari SMP Negeri 1 Salaman (peringkat 9), dan Farrel Gerard Adeovinsonrey dari SMP Masehi Temanggung (peringkat 10) dengan masing-masing memperoleh nilai rata-rata UN 9,84.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto mengatakan, sangat mengapresiasi dengan prestasi yang diraih sekolah dan siswa dari Jateng tersebut.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang Kunadi di Magelang, Sabtu 1 Juni, menyebutkan dari 162 siswa peserta UN, sebanyak 71 siswa di antaranya meraih nilai matematika 10, kemudian dua anak dengan nilai bahasa Inggris 10, dan tiga anak dengan nilai IPA 10. Menurutnya prestasi ini kami raih tidak semudah membalik telapak tangan. Tim guru
memang solid, selalu kooperatif baik guru mata pelajaran (mapel) UN maupun mapel non-UN.

Ia mengatakan untuk dapat meraih prestasi tersebut, tim guru mapel UN mempunyai strategi, antara lain mengutamakan proses dan kualitas pembelajaran. Ia juga mengatakan bahwa guru-guru di SMP Negeri 1 Kota Magelang profesional, bersinergi dengan mengutamakan mutu proses untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi. Dikatakannya beberapa bulan sebelum pelaksanaan UN, anak-anak diberi fotokopi soal-soal ujian secara gratis, kemudian dibahas bersama guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Sebagai info, SMP Negeri 1 Magelang merupakan sebuah sekolah yang jika dibandingkan dengan Sekolah lain, memiliki nilai perjuangan yang ikut serta dalam meraih dan mempertahankan Kemerdekaan dari penjajah Jepang. Hal ini terbukti bahwa di lokasi lingkungan sekolah, terdapat tugu Pahlawan "Rantai Kencana", untuk mengenang 3 orang siswa yang gugur membela gurunya yang pada waktu itu disekap oleh tentara Jepang.

Selain itu kami lihat pihak SMPN 1 Magelang mengembangkan e-Learning untuk pembelajaran. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Diolah dari berbagai sumber


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends