Iklan

 
Monday, May 6, 2013

Mendikbud Optimis Ujian Nasional SD/MI Berjalan Lancar

0 comments

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA. menyatakan optimis pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat sekolah dasar dapat berjalan lancar dan serentak. "Di semua provinsi on-schedule, termasuk di Papua dan wilayah Indonesia Timur sesuai jadwal semua. Kami yakin, insya Allah bisa terlaksana, sudah serentak," kata Mendikbud ketika meninjau pelaksanaan UN tingkat SD di Sub Rayon SD Negeri Kemanggisan 10 Pagi Palmerah Jakarta Barat, hari ini Senin (6/5).

Menteri Nuh mengatakan, wewenang pengadaan naskah soal untuk UN tingkat SD ini diberikan kepada masing-masing provinsi. “Pengadaan naskah ujian untuk SD ini dilakukan oleh provinsi. Proses lelang dan tender, itu provinsi yang mengadakan, semuanya sudah sesuai jadwal,” ujarnya menambahkan.



Kriteria tentang proses pengadaan naskah soal dan pelaksanaan UN sudah diatur dalam prosedur operasi standar (POS) yang disusun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Terkait pembuatan soal UN SD, ujar Mendikbud, persentase soal 75 persen disusun oleh daerah, dan 25 persen oleh Kemdikbud.

UN tingkat SD dimulai hari ini secara serentak, dengan mengujikan Bahasa Indonesia di hari pertama ini. Pada hari kedua besok akan diujikan Matematika, dan disusul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hari ketiga. Bagi siswa yang berhalangan mengikuti UN pada tiga hari ke depan dengan alasan sakit atau berhalangan dengan surat keterangan yang sah, dapat mengikuti UN Susulan, mulai Senin depan 13 Mei 2012.

Tentang apa yang dikatakan Menteri memang benar adanya, dari Wilayah Timur Indonesia Papua dilaporkan pelaksanaan UN SD/MI berjalan lancar. Ketua panitia UN Kota Jayapura Cliford Korwa mengungkapkan UN ditingkat sekolah dasar disampaikan hingga saat ini tidak ada masalah.

"Semua berkas ataupun lembar ujian dan jawaban sudah kami sebarkan tadi pagi khususnya untuk mata pelajaran yang di UN-kan pada hari ini di tujuh titik sekolah yang melaksanankan UN," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Mimika, Fitria Vivie Palenewen di Timika, Senin mengatakan pelaksanaan UN SD diselenggarakan di 98 sekolah yang terbagi atas 38 sub rayon.

Pelaksanaan UN tingkat SD di Mimika akan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika, Abdul Muis bertempat di SD YPPK Mapar, Distrik Mimika Barat Tengah.

Distribusi naskah UN SD ke wilayah pedalaman dan pesisir Mimika telah dilakukan sejak Rabu (1/5). Untuk distribusi naskah UN SD di sekolah-sekolah wilayah pesisir Mimika menggunakan sarana transportasi perahu motor.

Sementara beberapa sekolah di wilayah pegunungan yang tidak bisa dijangkau dengan sarana transportasi darat, menggunakan pesawat terbang perintis seperti di Jila, Bela dan Alama. Khusus untuk Kampung Aroanop dan Tsinga yang berada dalam area PT Freeport Indonesia dilayani dengan helikopter Airfast.

Sumber: Kemdikbud dan Antara


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends