Iklan

 
Thursday, May 23, 2013

Cara Kelulusan

0 comments

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menempuh cara memberitahukan kelulusan dengan menggunakan berbagai media, baik online atau offline. Dalam Peraturan Bsnp No. : 0020/P/BSNP/I/2013 tidak dimuat secara ekplisit mengenai media yang digunakan untuk menyampaikan kelulusan UN 2013.

Salah satu yang bisa dijadikan dasar dalam pengumuman adalah Sekolah/madrasah/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar adalah pelaksana pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Dengan demikian yang mempunyai tanggung jawab / sebagai pelaksana pengumuman UN adalah satuan pendidikan. Satuan pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI, Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan.

Terkait jadwal kelulusan dinyatakan dalam Peraturan Bsnp tersebut bahwa baik Sekolah, madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, dan Sanggar Kegiatan Belajar mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat:

1). tanggal 24 Mei 2013 untuk SMA/MA, SMK, Paket C, dan Paket C Kejuruan;
2). tanggal 1 Juni 2013 untuk SMP/MTs, SMPLB, SMALB, dan Paket B/Wustha;
3). tanggal 8 Juni 2013 untuk Program Paket A/Ula.

Sumber: Revisi POS UN 2013 (Peraturan Bsnp No. : 0020/P/BSNP/I/2013) BSNP / Kemdikbud

Untuk tahun pelajaran 2012/2013 Cara Kelulusan ujian nasional yang ditempuh disesuaikan dengan kesediaan satuan pendidikan atau dinas pendidikan setempat, apakah akan diakses secara online atau dengan menyampaikannya pada siswa melalui surat, atau bahkan secara terbuka di sekolah / satuan pendidikan.

Menurut Mendikbud, kewenangan terkait teknis atau cara pengumuman hasil UN diserahkan penuh oleh Kemendikbud kepada pihak sekolah. Beberapa cara bisa ditempuh diantaranya dengan media :

  1. Website Sekolah
  2. E-mail
  3. Sms
  4. Jasa Kurir
  5. Dan lain-lain

Sebagai contoh untuk pengumuman kelulusan di wilayah DKI Jakarta akan dilakukan melalui dua media. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto pengumuman UN akan diselenggarakan melalui website, dengan surat elektronik (e-mail), dan pesan singkat atau SMS. Untuk info cara mengakses Pengumuman UN SMP contohnya di Jakarta bisa dilihat disini.

Itulah kiranya informasi cara kelulusan, semoga bermanfaat! Amin!

Copyright © 2013 pengumumanun.com all rights reserved



Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends