Iklan

 
Sunday, April 28, 2013

Soal UN SD Tidak Gunakan 20 Variasi Soal

0 comments

Ujian Nasional (UN) SD/MI 2013 akan digelar pada 6 Mei s.d. 8 Mei 2013. Apabila UN SMA sederajat dan SMP sederajat menggunakan sebanyak 20 variasi soal UN maka soal UN SD/MI disiapkan oleh Pemerintah hanya sekitar satu paket / variasi.

Aturan main SMA sederajat dan SMP sederajat tidak diterapkan pada UN SD dengan mempertimbangkan bahwa untuk SD tidak akan dibuat soal sebanyak 20 variasi karena dinilai tidak sesuai untuk anak-anak usia SD. Dengan demikian, tidak ada perubahan signifikan terhadap UN SD ini. Demikian seperti ditegaskan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud, Ibrahim Bafadal.

"Tidak 20 variasi soal untuk SD. Dari tahun-tahun sebelumnya, SD memang berbeda. Termasuk dalam penggandaan soal dan kelulusan," kata Ibrahim di Jakarta, Jumat (8/3/2013). Kompas.

Ia menjelaskan bahwa penggandaan soal UN SD diserahkan langsung pada daerah. Kebijakan ini diambil mengingat jumlah SD yang sangat banyak dan jangkauannya yang tidak sekadar di Kabupaten/Kota saja namun hingga kampung pedalaman sehingga akan lebih optimal jika daerah langsung yang menanganinya.

"Memang ini program nasional tapi ada macamnya program nasional yang didelegasikan pada daerah. SD perlu didelegasikan karena sangat banyak," jelas Ibrahim.

Meski ditangani daerah, peraturan yang dianut tetap berasal dari pusat sesuai dengan POS UN yang telah dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud beberapa waktu lalu. Selanjutnya mengenai kelulusan, ia mengungkapkan bahwa untuk jenjang SD semuanya berada di tangan sekolah.

"Kalau SD yang menentukan kelulusan itu sekolah langsung. Tidak seperti SMA yang ada di pusat," tandasnya.

Untuk pembuatan soal SD/MI sebagaimana diatur POS UN, bahwa Penyelenggara Tingkat Pusat menyusun kisi-kisi soal berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Standar Isi satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. mengidentifikasi SK dan KD Mata Pelajaran dari setiap mata pelajaran yang diujikan berdasarkan SK dan KD pada Standar Isi;
2. menyusun kisi-kisi soal UN dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
3. melakukan validasi kisi-kisi soal UN dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
4. mengusulkan kisi-kisi soal UN kepada BSNP untuk ditetapkan sebagai kisi-kisi soal UN Tahun Pelajaran 2012/2013.


Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends