Iklan

 
Sunday, April 28, 2013

Soal UN SD Dibuat oleh Daerah

0 comments

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengatur pembuatan soal Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Dasar (SD). Sebagaimana aturannya, pemerintah pusat hanya menyumbangkan 25 persen dari jumlah soal yang ada. Sisanya, sebanyak 75 persen soal ujian dibuat oleh pemerintah di masing-masing daerah.

Kebijakan tersebut diberikan kepada daerah untuk membuat soal UN SD merupakan bentuk kepercayaan pemerintah pusat melibatkan daerah dalam rangka program wajib belajar sembilan tahun.

Adapun 25 persen soal yang dibuat oleh pemerintah pusat merupakan soal inti. Jatah 75 persen yang dimiliki oleh daerah dapat dikembangkan dengan mengacu pada soal inti dan karakteristik masing-masing daerah. Pihak panitia membuat soal inti sebanyak 25 persen. Itu sebagai anchor, kesempatan diberikan kepada daerah untuk mengembangkan agar sesuai dengan kisi-kisi, dan karakteristik daerahnya.

Menurut POS UN SD 2013 bahwa Penyelenggara UN Tingkat Pusat menyiapkan 25% butir soal dengan cara mengidentifikasi dan memilih butir-butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi-kisi soal UN Tahun 2012/2013. Sementara Penyelenggara UN Tingkat Provinsi menyiapkan 75% butir soal dan merakit Master Naskah Soal, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Menyusun 75% butir soal sesuai dengan kisi-kisi soal UN Tahun 2012/2013;
b. merakit Master Naskah Soal UN dengan cara menggabungkan 25% butir soal yang disiapkan Penyelenggara UN Tingkat Pusat dan 75% butir soal yang dibuat Penyelenggara UN Tingkat Provinsi;
c. menata perwajahan (lay out) Master Naskah Soal.

Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends