Iklan

 
Sunday, April 28, 2013

Kriteria Kelulusan UN SD / MI Tahun 2013

0 comments

Kriteria Kelulusan ujian nasional (UN) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat dan Paket A/Ula tidaklah ditetapkan seperti ketentuan untuk UN SMA dan UN SMP. Dimana standar nilai kelulusan peserta ujian nasional tahun ajaran 2012/2013 untuk SMA dan SMP sederajat sama dengan tahun lalu, yakni 5,5 untuk semua mata pelajaran yang diujikan. Mengacu pada POS UN 2013, peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Sedangkan untuk peserta UN Pendidikan Kesetaraan dinyatakan lulus apabila memiliki rata-rata Nilai Akhir (NA) dari seluruh mata pelajaran yang diujikan mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima), dan NA setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).



Sebuah kabar baik bahwa kriteria kelulusan UN SD tidaklah dipatok dengan angka 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol). Namun kriteria kelulusan UN SD ditetapkan melalui rapat dewan guru berdasarkan:

a. nilai minimal setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan;
b. nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujinasionalkan.

Berikut kami ringkaskan Kriteria Kelulusan siswa SD dari satuan pendidikan dan kelulusan dari ujian nasional :


I. Kelulusan dari satuan pendidikan


Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan melalui rapat dewan guru setelah:

a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran:
1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
3) kelompok mata pelajaran estetika; dan
4) kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.
c. lulus US/M untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d. lulus UN.

Keterangan:
- NA atau Nilai Akhir adalah nilai gabungan antara Nilai S/M dari setiap mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan Nilai UN.

II. Kelulusan dari ujian nasional


1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M pada SD, MI, dan SDLB apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
2. Nilai S/M diperoleh dari rata-rata gabungan nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 7, 8, 9, 10, dan 11 dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
3. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
4. NA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari nilai rata-rata gabungan nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan nilai UN dengan formula 60% nilai UN dan 40% nilai S/M.
5. Kriteria kelulusan UN ditetapkan melalui rapat dewan guru berdasarkan:
a. nilai minimal setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan;
b. nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujinasionalkan.

Keterangan:
- Kriteria kelulusan adalah persyaratan pencapaian minimal untuk dinyatakan lulus.

Sebagai info bahwa soal UN SD/MI sederajat dibuat oleh Penyelenggara UN Tingkat Pusat dengan menyiapkan 25% butir soal dengan cara mengidentifikasi dan memilih butir-butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi-kisi soal UN Tahun 2012/2013. Sedangkan Penyelenggara UN Tingkat Provinsi / Daerah Tingkat I menyiapkan 75% butir soal dan merakit Master Naskah Soal UN SD/MI.

Demikian hal-hal terkait Kriteria Kelulusan UN SD / MI dan Paket A 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 Design by World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends