Iklan

 
Sunday, July 29, 2012

Pengumuman Jadwal UKG Online 2012

0 comments

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) secara resmi mengumumkan bahwa Jadwal UKG Online 2012 akan diselenggarakan mulai besok, hari Senin tanggal 30 Juli 2012 secara serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan RI. Lebih kurang 1 juta orang guru bersertifikat mulai menjalankan uji kompetensi guru (UKG) secara bertahap mulai besok dan seterusnya sampai dengan bulan September 2012. Mendikbud Muhammad Nuh mengklaim pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Mendikbud (Permendikbud) yang mengatur soal UKG. Dengan penerbitan Peraturan tersebut, beliau mengatakan sudah tidak ada alasan lagi bagi organisasi guru terntentu yang selama ini menentang pelaksanaan UKG. Kemdikbud berharap para guru tidak terpancing polemik pelaksanaan UKG. Beliau menyarankan lebih baik guru calon peserta UKG mempersiapkan diri.

Soal persiapan ujian sendiri, Menteri mengatakan sudah sangat matang. Beliau mengatakan hari ini adalah pemantauan persiapan teknis terakhir. Beliau mengagendakan akan melakukan sidak di sekitar Jakarta untuk memantau ujian guru yang baru pertama kali dilakukan dalam sejarah pendidikan Indonesia ini. M. Nuh optimis ujian ini berjalan lancar sesuai skenario.

Mendikbud Mohammad Nuh mengingatkan jika pelaksanaan UKG ini hanya untuk pemetaan kemampuan atau kompetensi guru saja. Sebagai prioritas, guru bersertifikat mendapat giliran pertama dulu. Menurut Nuh, Kemendikbud sudah berkali-kali menyatakan jika UKG ini tidak berujung pada keputusan lulus atau tidak lulus. Artinya berapa pun nilai yang didapat guru peserta UKG, tidak akan berdampak pada posisi mereka. Selain itu juga tidak berdampak pada keberadaan tunjangan sertifikasi atau tunjangan profesi pendidik yang mereka terima. Dengan kondisi ini, Menteri meminta guru tetap tenang dalam menjalankan ujian ini. Hendaknya para guru mengikuti ujian dengan jujur.

Rektor Unviersitas Negeri Yogyakarkat (UNY) Prof. Rochmat Wahab mengatakan, pihaknya ikut bagian dalam pelaksanaan UKG ini. Dia mengatakan jika UKG ini ujungnya tidak mengarah pada putusan lulus dan tidak lulus, Kemendikbud harus menghindari penggunaan kata ujian. Sebab yang namanya ujian itu ujung-ujungnya lulus atau tidak lulus. Kalau lulus semuanya, itu bukan ujian, demikian menurutnya. Supaya tidak menimbulkan gejolak, dia mengusulkan supaya istilah UKG dirubah. Dia mengusulkan Kemendikbud menggunakan istilah monitoring kinerja atau pengawasan kinerja. Meskipun menggunakan istilah monitoring atau pengawasan, dalam praktenya guru tetap mengisi butir-butir soal. Tetapi karena tidak menggunakan istilah ujian, maka ujungnya tidak mengarah pada putusan lulus atau tidak lulus.

Penetapan jadwal pelaksanaan UKG untuk guru untuk masing-masing jenjang secara berurutan mulai dari jenjang SMP, SMA, SMK, TK, SD, SLB ditentukan oleh LPMP. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah TUK dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK semakin cepat pelaksanaan UKG.

Bagi guru yang memiliki kekhususan yaitu Tuna Netra memerlukan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembaca soal. Lamanya waktu yang diperlukan 180 menit dan dijadwalkan khusus.

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Pengumuman UN © 2011 - 2016 Design by World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends